Click Here To Visit Our Sponsor
Click Here To Visit Our Sponsor
  Your online tax center
 

Tarif  Penghasilan Netto PPh Pasal 23 berubah !


 

Untuk yang kelima kalinya sejak perubahan Undang-Undang Perpajakan tahun 1994, Dirjen Pajak kembali melakukan perubahan atas atas Jenis Jasa Lain Dan Perkiraan Penghasilan Netto Sebagaimana Dimaksud  Dalam Pasal 23 Ayat (1) Huruf C Undang-undang No.7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan Sebagaimana Telah Diubah Terakhir Dengan Undang-undang No.10 Tahun 1994. Perubahan tersebut diatur melalui Keputusan Dirjen Pajak No. KEP-176/PJ./2000 tanggal 26 Juni 2000, yang merupakan perubahan atas Keputusan Dirjen Pajak No. KEP-128/PJ./1997 tanggal 22 Juli 1997.

Dalam keputusan tersebut terdapat beberapa perubahan yang dilakukan diantaranya:

Sewa kendaraan angkutan darat diberikan tarif khusus sebesar 3 % dari jumlah bruto, sedang kan dalam peraturan sebelumnya tarif ini tidak dipisahkan dengan kegiatan sewa lainnya yang dikenakan tarif sebesar 6 % dari jumlah bruto, kecuali sewe tanah dan bangunan yang telah dikenakan pajak bersifat final.

Jasa profesi, termasuk konsultan hukum dan konsultan pajak dikenakan tarif sebesar 7,5 % dari jumlah bruto. Hal ini berarti atas jasa konsultan hukum dan konsultan pajak mengalami kenaikan tarif dari sebesar  6 %. Dilain pihak seluruh jasa profesi akan dikenakan tarif baru tersebut karena tidak ada penjelasan jas profesi apa saja.

Ketentuan baru tersebut juga menambahkan beberapa jasa baru dan penjelasan yang lebih rinci seperti jasa perancang dan desain, jasa instalasi/pemasangan, jasa perawatan/pemeliharaan dan perbaikan, jasa kustodian, jasa perdagangan surat berharga, jasa teknologi informasi, jasa telekomunikasi yang bukan untuk umum, jasa pengolahan/pembuangan  limbah, jasa maklon, jasa rekruitmen tenaga kerja, jasa sofware komputer.Sedangkan Jasa Perantara mengalami penurunan tarif menjadi 6 %. 

Belum diketahui reaksi masyarakat atas ketentuan baru tersebut, namun apabila anda mempunyai komentar adna dapat mengisinya dalam forum diskusi di situs ini (IR)  

Artikel Sebelumnya

Siap-Siap Menghadapi 7 UU Perpajakan Baru

www.infopajak.com